Terbaru

Tips Berikut Dapat Anda Lakukan untuk Mengatasi Sakit Perut

Tips Berikut Dapat Anda Lakukan untuk Mengatasi Sakit Perut

Untuk mengatasi sakit perut yang Anda alami, bisa dengan mengobati dan melakukan pencegahan. Ada juga beberapa macam tips untuk mengatasi sakit perut. Untuk mengobati sakit perut juga tergantung pada penyebabnya. Jika sakit perut yang disebabkan oleh suatu penyakit, bisa dengan cara melakukan tindakan pengobatan suatu penyakit tersebut.

Sakit perut merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Semua orang pasti pernah mengalami sakit perut. Sakit perut disebabkan oleh berbagai mamcam, bisa disebabkan oleh makanan dan minuman, virus, bakteri, penyakit maupun suatu penyakit tertentu.

Ada beberapa macam sakit perut berdasarkan penyebabnya, maka dari itu untuk mengatasi sakit perut perlu mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Seperti pedih pada ulu hati, sakit perut akibat kembung, sakit perut sembelit, sakit perut atau kram perut yang sering dialami wanita akibat mengalami menstruasi dan juga sakit perut stomach flu yang biasanya disertai dengan mual, muntah dan demam.

Tips mengatasi sakit perut

Berikut ini ada beberapa tips mengatasi sakit perut berdasarkan penyebabnya, yaitu :

Sakit perut akibat kembung

Kembung biasanya disebabkan karena banyaknya angin yang masuk ke dalam tubuh sehingga menyebabkan kembung pada perut. Kondisi seperti ini akan menyebabkan sakit perut juga. Maka untuk mengatasi sakit perut akibat kembung dengan cara banyak minum air, namun kurangi minuman yang mengandung soda dan manis. Konsumsi sayur seperti sayur brokoli dan kubis. Jangan makan makanan berlemak dan mengurangi makanan yang berminyak.

Sakit perut akibat pedih ulu hati

Masalah ulu hati biasanya disebabkan karena pencernaan yang terganggu. Sehingga kondisi seperti ini juga akan menyebabkan sakit perut. Untuk mengatasinya yaitu dengan cara mengurangi mengkonsumsi minuman berkafein dan makanan pedas juga berminyak. Jika berat badan Anda berlebihan, maka kurangi berat badan dan banyak berolahraga. Hindari mengkonsumsi obat-obatan seperti obat aspirin.

Sakit perut akibat diare

Diare merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus maupun parasit yang menginfeksi sistem pencernaan. Pada saat diare, maka akan mengalami peradangan perut yang mengakibatkan perut terasan sakit. Untuk mengatasi sakit perut yang disebabkan karena menderita diare, caranya melakukan pencegahan dan mengobati diare dengan melakukan pola hidup sehat dan bersih.

Sakit perut akibat kram

Kram perut sering terjadi pada wanita yang sedang mengalami datang bulan. Kondisi seperti ini secara umum memang wajar. Untuk mengatasinya dengan memperbanyak olahraga seperti senam, jangan terlalu stress, mengkonsumsi makanan yang benyak mengandung vitamin.

Sakit perut akibat suatu penyakit

Sakit perut secara mendadak biasanya disebabkan oleh suatu penyakit tertentu. Biasanya sakit perut akan terasa sakit yang sangat amat. Untuk yang disebabkan oleh suatu penyakit, maka perlu diwaspadai karena akan bedampak serius dan fatal. Ada beberapa penyakit yang menyebabkan sakit perut secara mendadak, seperti radang usus, batu ginjal, tukak peptik, divertikulitis dan batu empedu. Untuk yang satu ini perlu membutuhkan penanganan Dokter, maka jika Anda mengalami sakit perut secara mendadak perlu diwaspadai dan segera menghubungi Dokter.

Sakit perut kronis

Sakit perut yang terjadi dalam waktu lama kemudian kambuh lagi, penyebab pastinya belum dapat diketahui. Maka dari itu, perlu adanya pemeriksaan Dokter untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya. Sakit perut kronis biasanya terjadi pada orang dewasa yang meliputi konstipasi, menstruasi, infeksi saluran kemih dan sakit maag. Jika sakit perut yang seperti ini maka perlu penanganan Dokter.

Itulah beberapa macam sakit perut berdasarkan penyebabnya dan cara mengatasinya. Selain itu, cara penting lainnya yaitu melakukan pencegahan agar sakit perut tidak terjadi. Caranya dengan melakukan pola makan sehat dan teratur, pola hidup sehat dan berolahraga.

By : angga widiantara | Sumber : bukhori090490.blogdetik.com

0 Response to "Tips Berikut Dapat Anda Lakukan untuk Mengatasi Sakit Perut"