Terbaru

Tips Kelola Keuangan Pribadi dari Warren Buffett

Warren Buffett juga seorang ahli keuangan yang terkenal di dunia. Buffett juga merupakan orang kaya nomor tiga di dunia. Maka dari itu banyak orang yang ingin meminta nasihat keuangan darinya.

Tips Kelola Keuangan Pribadi dari Warren Buffett

Banyak orang yang sampai sekarang kesulitan dalam mengelola keuangannya. Jika Anda masih kesulitan dalam mengelola keuangan, ada baiknya Anda belajar mengelola keuangan dari Warren Buffett. Berikut adalah tips bagaimana mengelola keuangan dengan baik:

1. Hindari Utang
Warren Buffett juga mengatakan bahwa sebenarnya Anda tidak perlu untuk berutang di dunia ini. Lakukan dengan cerdas dengan cara membuat banyak uang tapi tidak dengan berutang apalagi menggunakan kartu kredit. Menurutnya, bunga yang ada di kartu kredit akan membuatnya bangkrut.

2. Memandang Uang untuk Jangka Panjang
Merencanakan keuangan untuk jangka panjang sangatlah diharuskan. Jangan hanya melihat sekarang atau 5 tahun ke depan. Tapi lihat sampai 10 atau 20 tahun ke depan karena kita tidak tau apa yang akan terjadi nanti.

3. Menyediakan Uang Kas
Kunci lain untuk menata keuangan adalah dengan menjaga persediaan uang kas. Cadangan kas harus selalu dipertahankan di batas tertentu. Jadi buatlah cadangan kas Anda jika ada masa–masa krisis sehingga kondisi keuangan Anda tidak memburuk.

4. Berinvestasi pada Diri Anda
Menurut Buffett, apapun yang Anda lakukan, sudah seharusnya Anda berinvestasi agar membuat kemampuan Anda lebih meningkat dan berharga lagi. Karena, menurutnya bagaimanapun investasi yang terbaik adalah berinvestasi pada diri Anda sendiri.

5. Menabung
Menurut Buffett, kesalahan terbesar dari keuangan yang buruk adalah tidak membangun kebiasaan untuk menabung. Menabung juga untuk menjaga kestabilan keuangan Anda. Jadikan menabung sebagai kebiasaan dan jangan tunda lagi.

6. Beramal
Buffett juga telah menyediakan dana untuk diberikan kepada yang membutuhkan. Ia juga salah satu pendiri The Giving Pledge bersama pendiri Microsoft, Bill Gates dan 130 miliarder lain yang sepakat untuk menyumbangkan uangnya kepada yang membutuhkan.

Berikut adalah tips keuangan dari Warren Buffett semoga bermanfaat dan menginspirasi Anda..

Sumber : finance.detik.com

0 Response to "Tips Kelola Keuangan Pribadi dari Warren Buffett"